SD Cerdas Pekanbaru; sedikit cerita tentang sosial


Assalamualaikum wr wb
Salam dariku, hai jiwa yang bersahabat!
Yap! Kali ini aku akan sedikit menceritakan mengenai sedikit pengalamanku. Disini aku ingin menunjukkan sebuah SD yang kala itu menjadi tempat aku beserta teman-temanku mengadakan kegiatan sosial. SD ini diberi nama Sekolah Cerdas. SD ini berada di JL. Suka Karya Gg. Permata, Panam, Pekanbaru, Riau. SD ini memang merupakan sekolah cabang dari SDN 079 Pekanbaru. Tidak banyak yang istimewa dari SD ini, bahkan yang ada hanyalah rasa kemirisan apabila kita melihatnya. SD ini hanya berupa rumah yang dijadikan tempat belajar. Dengan jumlah keseluruhan siswa dan siswi sebanyak 65 orang.

Kegiatan kami yang berupa kegiatan sosial dikemas dalam bentuk kegiatan penyuluhan dengan tema “Galakkan Budaya Membaca”. Kegiatan ini kami lakukan pada tanggal 13 Mei 2017 lalu dengan bekerjasama dengan salah satu organisasi sosial yang ada di Pekanbaru, yakni Tim Turun Tangan. Kegiatan yang mengisi hari Sabtu adik-adik SD Cerdas ini diisi oleh pemateri dari Tim Turun Tangan yang menjelaskan bagaimana pentingnya membaca. Tidak hanya itu, Nickyta Ihya Syahjanny selaku Top 5 Duta Bahaa Riau pun turut hadir untuk memberikan materi berupa dongeng. Hal ini kami lakukan sebagai bentuk usaha kami untuk membudayakan kebiasaan membaca dimulai sejak dini dimana rentan usia pada anak SD merupakan masa perkembangan yang sangat sesuai untuk dibiasakan membaca.

Tidak lebih fasilitas yang ada di SD ini, dan kami berinisiatif untuk meningkatkan semangat belajar adik-adik dengan memberikan sumbangan, salah satunya kami memberikan buku bacaan untuk mereka dengan harapan mereka dapat memiliki kesempatan membaca dengan buku yang kami berikan. Dan percayalah, melihat senyuman mereka ketika kami datang merupakan penenang jiwa karna jujur, aku benar-benar merasa bersyukur bisa bertemu mereka dan diberikan kesempatan untuk membantu mereka.

Seperti yang kita tau, setiap anak memiliki hak untuk belajar dan setiap anak berhak pula merasakan pendikikan. Namun mendapatkan pendidikan yang layak seoah-olah hanyalah soal “keberuntungn”. Nyatanya masih banyak anak yang belum mendapatkan pendidikan yang layak bahkan ada pula yang tidak merasakan bangku pendidikan sama sekali. Begitu pula dengan anak-anak yang ada di SD Cerdas ini. Mereka yang kurang beruntung ini harus tetap semangat belajar demi mencapai apa yang mereka cita-citakan. Oleh karna itu, mari kitalebih peduli pada anak-anak disekeliling kita yang mana anak-anak ini merupakan generasi emas bangsa yang seharusnya diberikan pendidikan yang layak karna yatanya, di Pekanbaru dan Riau masih terdapat sekolah-sekolah yang membutuhkan bantuan kita.
Wassalam..


Previous
Next Post »
0 Komentar