Makanan Khas Melayu Riau itu Unik!



Assalamualaaikum wr wb

Salam dari ku, warga Melayu!

Pastinya setiap daerah itu punya makanan khas daerahnya sendiri dong ya. Nah, kali ini aku bakalan berbagi sedikit mengani makanankhas daerah Melayu, daerah asalku. Sebenarnya Melayu sendiri memiliki daerah-daerahnya lagi, ada Melayu Siak, Melayu Bengkalis, Melayu Selat Panjang dan masih banyak lagi. Dan mengenai makanan khas Melayu di post ku kali ini akan lebih mengarah pada Melayu Selat Panjang.

Sebenanya sih, makanan khas Melayu itu terkenal akan sagu. Mungkin yang paling umum terdengar mengenai makanan khas Melayu yaitu Mie Sagu. Yap! Mie sagu terbuat dari sagu yang berbentuk Mie yang kemudian diolah menjadi masakan Mie pada umumnya. Mie sagu ini ada yang kering dan ada yang basah. Hmm kalau Mie Sagu yang kering ini seperti Mie Goreng dan Mie Sagu yang basah itu seperti Mie Kuah. Mengenai rasanya tentunya ada perbedaan antara Mie pada umumnya dengan Mie Sagu. Dan menurutku baik itu Mie biasa mauoun Mie Sagu memiliki ciri khas rasa tersendiri dan smasama enak tentunya.

Selain Mie Sagu, ada pula makanan Khas Melayu yang disebut dengan Sempolet. Hmm ku rasa makanan yang satu ini belum terlalu banyak orang yang mengenalnya. Sempolet ini juga terbuat dari sagu, namun semplet ini tidak dibentuk seperti Mie namun berbentuk sebagai kuah yang sangat kental. Kekentalan nya ini dapat kita samakan seperti makan lem kertas lho! Nah bayangin deh tu. Mengenai rasanya, Sepolet ini lebih berasa sagunya dan biasanya diolah bersama sayur keladi, sayur paku dan siput. Karna keunikannya ini banyak juga sih yang menjadikan Sempolet ini seperti makanan yang tidak biasa sehingga banyak pula yang kurang tertarik atau enggan mencoba makanan yang satu ini.

Setelah kedua makanan itu, aku ingin mengenalkan Lempeng. Lempeng ini juga terbuat dari sagu. Olahannya dicampur bersama kelapa, dan diolah seperti hal nya pancake . lempeng ini disajikan bersama teri goreng cabai. Megenai rasanya, bener-benr unik! Rasa sagu yang bercampur dengan gurihya kelapa menjadi khas banget dilidah. Belum lagi jika dicocol dengan sambal teri tadi yang menambahkan kegurihannya.


Itulah ketiga makanan Khas Melayu yan ingin aku share .  Untuk menemukan makan ini bisa dibilang susah dan mudah sih, tapi aku tahu satu tempat yang menyediakan makanan Khas Melayu khususnya Melayu Selat Panjang.

Jika kalian tertarik, kalian bisa mengunjungi Warung A2 yang bertempat di jalan Mulyorejo, Pekanbaru. Lebih tepatnya di depan SD dan disebelah cafe Antica. Tempat ini tergolong baru dan pemilik tept ini adalah orang Selat Panjang asli yang telah menekuni masakan khas Melayu dan telah bertanding pula ketingkat Nasional.

Selamat mencoba!:)
Semoga review ku kali ini menarik minat kalian <3
Wassalam




Previous
Next Post »
0 Komentar